Rabu, 24 Oktober 2012 - 01:42:19 WIB
Polisi Gagalkan Penyelundupan BBM Bersubsidi Kategori: Hukum & Kriminal - Dibaca: 231 kali

BONE, selaluonline.com- Tim buser Polres Bone, Sulawesi Selatan, mengamankan belasan ton Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar bersubsidi yang hendak diselundupkan ke Sulawesi Tenggara di lepas pantai Dusun Maruluwatu, Desa Pallae, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Selasa (23/10/2012).

Aksi penyelundupan ini bermodus membeli BBM bersubsidi di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dengan menggunakan jeriken berukuran 30 liter dengan alasan untuk keperluan nelayan dan pertanian.

Ratusan jeriken inilah yang dikumpulkan dengan menggunakan tiga buah kapal yang berlabuh di lepas pantai untuk selanjutnya akan diangkut munuju Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

"Ini modus lama dan kami berhasil mengetahui dimana penampungannya dan langsung menangkap bersama barang bukti," ujar Kepala Satuan Reserse dan Kriminal  Polres Bone AKP Andi Iqbal

Selain barang bukti 12 ton BBM jenis solar, polisi juga mengamankan empat anak buah kapal (ABK) pengangkut BBM ini, masing-masing bernama Andi Banri (35), Halim (45), Lukman (22) dan Irfan (20).

Salah seorang dari ABK mengaku telah beberapa kali mengangkut BBM ke salah satu perusahaan tambang di Sulawesi Tenggara dengan upah Rp 500 ribu per satu trek.

"Saya sudah empat kali mengirim, tapi bukan saya yang beli, saya cuman mengantar saja. Yang mengatur pembelian sama penjualan itu bos besar. Saya tidak tahu apa-apa," kilah Andi Bahri saat diperiksa penyidik.

Total BBM yang berhasil diamankan polisi berjumlah 335 buah jeriken berisi 12.151 liter atau 12 ton. Meski demikian hingga saat ini polisi belum juga mengamankan pemilik kapal dan otak penyelundupan BBM bersubsidi ini. (bas)






Berita Terkait:


0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Copyright © 2011 by selaluonline.com. All Rights Reserved.