Senin, 04 Juni 2012 - 15:38:01 WIB
Pesawat Jatuh, Nigeria Tak Punya Air Padamkan Api Kategori: Nasional - Dibaca: 157 kali

JAKARTA, selaluonline.com - Penyelamatan korban pesawat Dana Air di Nigeria yang jatuh sulit dilakukan. Penyebabnya adalah tidak ada air di sekitar lokasi kejadian untuk bisa memadamkan api.

Petugas penyelamat mengakui kesulitan mendapatkan air, untuk mengevakuasi jatuhnya pesawat Dana Air di Nigeria, yang juga menghantam bangunan milik warga di Lagos.

Warga setempat yang membantu petugas pemadam membawa selang air, ternyata baru menyadari tidak ada air yang dapat digunakan untuk memadamkan api dari kebakaran usai jatuhnya pesawat jenis Boeing MD83 itu. Selama tiga jam mereka tidak bisa mendapatkan air untuk memadamkan api.

Pada akhirnya warga mengambil inisiatif sendiri untuk mengambil air dengan menggunakan ember. Mereka pun berusaha memadamkan api dengan kekuatan seadanya.

Keadaan pun diperparah dengan beberapa truk pemadam kebakaran yang tidak membawa air yang cukup. Banyak truk dikerahkan, tetapi sebagian besar dari mereka terjebak di jalan yang sempit dan ramai oleh kerumunan warga, pada akhirnya truk tersebut tidak bisa menyentuh lokasi kejadian.

Kecelakaan pesawat yang terjadi pada Minggu 3 Juni itu, menewaskan 153 seluruh penumpang pesawat dan beberapa lainnya di darat. Saat kecelakaan terjadi, pesawat tengah menuju kota Lagos setelah lepas landas dari Abuja.

Presiden Goodluck Jonathan menyatakan hari berkabung selama tiga hari usai kecelakaan ini terjadi. "Semoga keluarga korban diberikan kekuatan dalam menghadapi kehilangan mereka," pernyataan Presiden Jonathan seperti dikutip Associated Press, Senin (4/6/2012).

Insiden ini menjadi tamparan bagi dunia penerbangan Nigeria. Sebelumnya pada Sabtu 2 Juni lalu sebuah pesawat kargo milik perusahaan milik Nigeria Allied Air Cargo, jatuh di Ghana. Pesawat itu menghantam bus dan menewaskan 10 orang.

Kecelakaan di Lagos kali ini merupakan yang terburuk pernah terjadi sejak September 1992 silam. Saat itu sebuah pesawat militer jatuh ke rawa usai lepas landas dari Lagos. Peristiwa itu menewaskan 163 anggota militer Nigeria.(cok/okz)




Berita Terkait:


0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Copyright © 2011 by selaluonline.com. All Rights Reserved.