Minggu, 16 Oktober 2011 - 21:30:03 WIB
Ayo Tolak Makanan Import Kategori: Bisnis - Dibaca: 290 kali

JAKARTA, selaluonline.com- Tak ingin negaranya dipenuhi makanan import, ratusan anak muda dari berbagai elemen menggelar aksi penolakan import makanan di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Desakan penolakan itu, untuk mendukung perwujudan ketahanan pangan Indonesia, sekaligus untuk memperingati Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada hari ini, Minggu (16/10).

Dalam aksi yang diikuti oleh perwakilan dari 17 kelompok, mereka membentangkan aneka poster dan spanduk. Beberapa spanduk tersebut, antara lain, bertuliskan "Stop Impor Pangan", "Save Local Farmer", dan "We Are The Indonesian 99 persen". Selain itu, ada aneka spanduk yang berisi tuntutan kemandirian pangan.

Dalam beberapa orasi, mereka menyerukan pembangunan industri nasional berbasis pertanian, kelautan, dan keanekaragaman hayati. Peserta aksi juga menyerukan agar pemerintah membangun sistem pasar dan harga yang adil dan mendorong pertanian kecil berbasis keluarga petani.

Selain aksi yang digelar 17 elemen, aksi serupa juga dilakukan oleh Aliansi Desa Sejahtera di Kawasan Bundara Hotel Indonesia. Peserta aksi menyatakan bahwa impor berbagai bahan pangan, seperti beras, kentang, susu, daging, bawang, dan bahan pangan lainnya, malah memukul harga bahan pangan lokal.

Kebijakan impor tersebut dinilai menekan kehidupan warga yang sebagian besar penghasil pangan.

Kekayaan potensi pangan di Indonesia sebenarnya dapat memenuhi kebutuhan pangan Indonesia. Namun, sebagian besar pangan di Indonesia merupakan hasil impor. Besarnya nilai impor pangan Indonesia ditunjukkan dengan besarnya nilai impor yang mencapai Rp 45 triliun hingga semester I-2011.

Dalam aksi itu, mereka juga membagikan cup cakes yang dibuat dari tepung umbi-umbian yang banyak tumbuh di Garut, Jawa Barat. Cup cakes tersebut bukan terbuat dari terigu yang sampai saat ini 100 persen diimpor ke Indonesia. (kcm/san)




Berita Terkait:


0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Copyright © 2011 by selaluonline.com. All Rights Reserved.