Jumat, 06 Januari 2012 - 03:25:51 WIB
Terlibat Korupsi Dana PerumahanKetua Koperasi Jadi Terdakwa di PN Serang Kategori: Hukum & Kriminal - Dibaca: 195 kali

SERANG, selaluonline.com- Jiji Abdul Aziz, Ketua Koperasi Harapan di Kecamatan Mancak, menjadi terdakwa di Pengadilan Tipikor PN Serang. Terdakwa yang juga seorang guru ini didakwa melakukan korupsi dana Kegiatan Pemilikan Rumah Sejahtera Sehat (KPRSH) mikro bersubsidi dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) tahun 2008 sebesar Rp 797 juta.

Sidang dipimpin Cipta Sinuraya, dan jaksa Penuntut Umum (JPU) Erianto. Sedangkan terdakwa didampingi kuasa hukumnya bernama Syafei Jasmin.

Dalam dakwaan, JPU Erianto menyebutkan, Koperasi Harapan telah menerima bantuan dana KPRSH bersubsidi dari Kemenpera sebesar Rp 797 juta yang dicairkan dengan cara ditransfer dalam dua tahap, yakni pada 5 Agustus 2008 sebesar Rp 489 juta, dan tahap kedua tanggal 9 Desember 2008 sebesar Rp 308 juta.

Bantuan itu diperuntukkan bagi 119 orang sesuai nama-nama pemohon yang diajukan dan disetujui pihak Kemenpera. Dalam persetujuan Kemenpera, dana yang diterima warga masing-masing bervariasi antara Rp 5 juta hingga Rp 7 juta.

“Namun dalam realisasinya Koperasi Harapan hanya menyalurkan setiap orang Rp 5 juta sehingga total dana yang diberikan kepada 119 warga itu sebesar Rp 595 juta,” kata JPU Erianto.

Selain itu, kata Erianto, pihak koperasi juga telah memberikan fee atau komisi sebesar 25 persen atau Rp 199 juta kepada saksi Ahmad Rozi (terdakwa dalam kasus korupsi serupa) yang menjadi perantara koperasi ke Kemenpera bersama Didi Ubaidilah (DPO). Padahal, lanjutnya, pemberian fee itu tidak ada dalam persetujuan Kemenpera.

Menurut Erianto, perbuatan terdakwa telah merugikan keuangan negara. Berdasarkan audit yang dilakukan, kata Erianto, perbuatan terdakwa telah merugikan keuangan negara sebesar Rp 797 juta.

Usai mendengar pembacaan dakwaan, terdakwa melalui kuasa hukumnya menyatakn tidak mengajukan eksepsi. Selain itu, kuasa hukum terdakw ajuga mengajukan penangguha penahanan. (ang/pkc)    





Berita Terkait:


0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Copyright © 2011 by selaluonline.com. All Rights Reserved.