Rabu, 28 Desember 2011 - 06:11:59 WIB
Penyandang Cacat Harus Mendapat Perhatian Kategori: Nasional - Dibaca: 209 kali

SAMARINDA, selaluonline.com- Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak meminta para kepala daerah agar memberikan perhatian khusus terhadap penyandang cacat di provinsi tersebut dengan mengalokasikan dana bantuan melalui APBD kabupaten/kota.

Saat membuka Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) II Kaltim yang digelar di GOR Segiri Samarinda, Selasa (27/12), Gubernur Awang Faroek Ishak mengatakan, tak hanya pemerintah yang punya tanggung jawab dan kepedulian pada penyandang cacat, namun para pengusaha di Kaltim juga wajib berperan aktif.

"Penyandang cacat berhak mendapat perlakuan yang sama layaknya orang normal lainnya. Karena itu, saya berharap seluruh pihak harus memperhatikan keberadaan penyandang cacat, termasuk penyandang cacat yang mengikuti Pekan Paralympic Provinsi II ini," ujar Awang Faroek.

Menurut Gubernur Awang Faroek, seluruh penyandang cacat yang mengikuti Paralympic ke-II tak diharapkan bisa meraih prestasi layaknya atlet normal.

"Apalagi, sesuai informasi dari Panitia Paralympic II Kaltim, ternyata pada saat Paralympic Internasional yang digelar 12 hingga 22 Desember 2011 di Solo ada atlet penyandang cacat Kaltim yang mampu meraih medali emas. Ini membuktikan kemampuan mereka juga sama dengan atlet-atlet normal," sambung Awang.

Awang berharap perhatian kepada para penyandang cacat ini tak hanya sebatas di dunia olahraga, namun juga aspek kehidupan lainnya juga patut mendapat porsi yang sama.

"Seperti pendidikan dan kesehatan tentunya perlu didukung, saya berharap perusahaan di Kaltim dalam melaksanakan program "Coorporate Social Responsibility" (CSR) juga menyentuh para penyandang cacat," tegas Awang.

Awang menambahkan, Pemprov Kaltim siap melakukan evaluasi atas perhatian yang dilakukan masing-masing pemerintah daerah, terutama dalam memberikan APBD kepada penyandang cacat di Kaltim.

Menyinggung pelaksanaan Peparprov yang dilaksanakan 27- 31 Desember 2011, Awang beharap kejuaraan tersebut bisa menjadi tolok ukur kemampuan atlet Peparprov menuju Peparnas yang dijadwalkan digelar 2012 di Riau.

"Junjung sportivitas, taati aturan yang telah ditetapkan dewan wasit, mudah-mudahan Peparnas 2012 prestasi Kaltim dapat dipertahankan, jikaperlu ditingkatkan lagi di tahun-tahun selanjutnya," harap Awang.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Peparprov ke-II Kaltim H Pristianto mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti even ini sebanyak 436 atlet, 75official dan 150 pelatih. Mereka datang dari 11daerah mempertandingkan 11 cabang olahraga.

"Pelaksanaan kami pusatkan di tiga tempat, yakni Komplek Stadion Madya Sempaja dan Komplek MAN 2 Samarinda serta Stadion Segiri. Cabor yang dipertandingkan, terdiri dari angkat berat, renang, tenis meja, bulutangkis, catur, bola voli duduk, tenis lapangan kursi roda, atletik dan futsal," katanya. (nda/ant)

 




Berita Terkait:


0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Copyright © 2011 by selaluonline.com. All Rights Reserved.