Selasa, 22 November 2011 - 22:38:49 WIB
Indonesia Juara Umum SEA Games, Sampai Jumpa di Myanmar 2013 Kategori: Nasional - Dibaca: 308 kali

JAKARTA, selaluonline.com - Hajatan olahraga bergengsi negara-negara Asia Tenggara, SEA Games telah berakhir. Indonesia berhasil meraih dua sukses, yaitu sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi. Ya, pada penyelenggaraan SEA Games XXVI ini, Indonesia meraih juara umum.

Kini, kenangan indah itu telah berakhir, dan akan kembali bertemu pada SEA Games XXVII yang berlangsung di Myanmar, tahun 2013.

Acara penutupan SEA Games XXVI digelar meriah di Gelora Sriwijaya, Komplek Olahraga, Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan, dan tak kalah dengan semaraknya upacara pembukaan.

Seperti saat pembukaan, penutupan SEA Games juga dimeriahkan beberapa artis ibu kota. Penyanyi serba bisa Agnes Monica kembali tampil, setelah sebelumnya memukau di acara pembukaan SEA Games.

Selain Agnes, acara penutupan juga akan dimeriahkan dengan penampilan Giring 'Nidji', Joy Tobing, Afgan, grup penari cilik Laskar Pelangi, serta penampilan grup vokal Bina Vokalia dan beberapa anak usia sekolah yang akan turut mengisi acara.

Ajang pamungkas ini ditutup Wakil Presiden Boediono. Upacara penutupan SEA Games bertajuk "Bersatu untuk Maju" ini menandai berakhirnya perhelatan olahraga terbesar se-Asia Tenggara yang telah berlangsung selama 11 hari sejak 11 hingga 22 November 2011.

SEA Games kali ini yang digelar di Palembang dan Jakarta merupakan terbesar yang pernah diselenggarakan, diikuti oleh 11 negara anggota ASEAN, dengan  jumlah atlet mencapai 12.000 orang. Mereka bertanding di 44 cabang olahraga Indonesia berada di posisi teratas dalam perolehan medali di ajang SEA Games ke-26. Indonesia memperoleh 182 medali emas, 151 perak, dan 142 perunggu.

Selanjutnya, di posisi kedua ditempati Thailand yang berhasil meraih 108 medali emas, 100 perak, dan 120 perunggu. Di posisi ketiga yakni Vietnam dengan perolehan medali 96 emas, 91 perak, dan 100 perunggu.

Monas Meriah

Sementara itu, hal yang sama juga dilakukan di Taman Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.  Masyarakat Jakarta dan perwakilan kontingen SEA Games XXVI larut dalam kegembiraan. Sama seperti saat acara pembukaan, pesta penutupan SEA Games di Monas kembali membuat monumen khas Jakarta tersebut gemerlap ditimpa lampu-lampu sorot yang berasal dari panggung SEA Games.

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi (Sekda Pemprov) DKI yang juga merupakan Ketua INASOC DKI, Fadjar Panjaitan, menyatakan terima kasihnya atas kelancaran penyelenggaraan SEA Games ke-26 yang digelar selama 11 hari 11-22 November 2011 di Jakarta.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat Jakarta yang telah membantu menyemarakkan dan menciptakan suasana kondusif selama SEA Games berlangsung," ujar Fadjar.

Kebanggaan terhadap warga Jakarta juga disampaikan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, yang telah bersama-sama menjaga keamanan, kenyamanan, kebersihan dan ketertiban kota Jakarta sepanjang penyelenggaraan SEA Games.

"Kepada seluruh kontingen saya ucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih dan menjadi kebanggaan bagi bangsa dan negara. Saya sampaikan permohonan maaf apabila dalam keseluruhan penyelenggaraan dan pelayanan mengalami hambatan, kekurangan maupun kelalaian baik oleh INASOC DKI Jakarta maupun masyarakat Jakarta pada umumnya," ucap Fauzi. (cok)




Berita Terkait:


0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Copyright © 2011 by selaluonline.com. All Rights Reserved.