Selasa, 21 Mei 2013 - 17:52:15 WIB
10 Makanan yang Baik untuk Jantung Kategori: Seks & Kesehatan - Dibaca: 118 kali

JAKARTA, selaluonline.com - Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu di dunia, selain kanker. Hampir setengah juta pria dan wanita meninggal akibat penyakit ini setiap tahunnya.

Cara terbaik untuk melawan penyakit ini adalah dengan mengubah gaya hidup, termasuk pola makan. Banyak vitamin dan mineral yang dianggap dapat melindungi jantung. Mau tahu apa saja? Berikut adalah sepuluh makanan yang baik untuk jantung, seperti dilansir Livestrong, Selasa (21/5/2013).

1. Kacang merah

Semua jenis kacang-kacangan adalah sumber serat larut yang dapat menurunkan kolesterol. Antioksidan dalam kacang-kacangan juga membantu melindungi jantung dari kerusakan radikal bebas. Kacang hitam dan merah sangat tinggi senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin. Makanan sehat ini tentu sangat sehat untuk jantung Anda.

2. Bayam

Bayam merupakan sumber vitamin C dan beta-karoten. Nutrisi ini merupakan antioksidan yang kuat dapat membantu mencegah kolesterol jahat dari oksidasi dan membentuk plak pada dinding arteri. Bayam juga kaya akan folat. Folat membantu memecah homosistein, zat berbahaya dalam darah yang terkait dengan penyakit jantung.

3. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan serat. Buah ini juga kaya akan flavanon (salah satunya adalah senyawa hesperidin phytonutrisi). Hesperidin telah terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Tuna

Tuna mengandung asam lemak omega-3, lemak khusus yang membantu mengencerkan darah, mengurangi tekanan darah dan menurunkan risiko stroke. Asam lemak omega-3 juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Salmon adalah salah satu makanan yang kaya akan asam lemak omega-3.

5. Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dan bawang merah mengandung fitonutrien yang disebut sulfida allylic. Mereka membantu meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan lemak dalam darah (trigliserida). Selain itu, mereka juga membantu memperlancar aliran darah dengan mencegah platelet tidak saling menempel dan membentuk gumpalan darah.

6. Oat

Oat merupakan sumber makanan yang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol darah. Oat juga mengandung senyawa yang disebut saponin, yang mengikat kolesterol dan membawanya keluar dari tubuh. Oat kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai tocotrienol, yang membantu menjaga kolesterol jahat saling menempel dan membentuk plak di arteri.

7. Berry

Cranberry kaya akan flavonoid. Flavonoid merupakan pigmen tumbuhan yang menawarkan manfaat antioksidan. Senyawa ini juga membantu mencegah kerusakan pada lapisan pembuluh darah dan mengurangi risiko stroke. Blueberry kaya akan fitonutrien yang disebut anthocyanin, yang mendukung integritas dari sistem vaskular.

8. Kacang almond

Kacang almond mengandung beberapa nutrisi yang menjaga darah tetap mengalir dengan baik dan membuka arteri. Mereka adalah sumber makanan yang sangat baik untuk vitamin E, antioksidan yang mencegah kolesterol jahat teroksidasi dan membentuk plak pada dinding arteri. Almond kaya akan kalsium, vitamin E, magnesium dan lemak sehat, yang semuanya baik untuk jantung Anda. Kenari adalah pilihan lain yang baik untuk jantung sehat Anda.

9. Teh dan kakao

Teh, terutama teh hijau, kaya akan polifenol, yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Polifenol mengurangi kemungkinan kolesterol jahat menempel pada dinding arteri dan melindungi jantung terhadap kerusakan oksidatif. Kakao merupakan sumber yang kaya akan antioksidan serta dapat membantu menjaga pembuluh darah tetap sehat.

10. Kedelai

Kedelai dan hasil olahan kedelai, dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Kedelai kaya serat dan mengandung asam lemak omega-3 (mencegah platelet darah lengket dan beku). Tahu dan susu kedelai kaya akan magnesium, kalium dan kalsium, semua penting untuk mengatur tekanan darah.

Inilah sepuluh makanan sehat yang baik untuk jantung Anda. Selain mengatur pola makan, pastikan bahwa Anda selalu berolahraga setiap hari, setidaknya 16 menit per hari.(nez)




Berita Terkait:


0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Copyright © 2011 by selaluonline.com. All Rights Reserved.