Sabtu, 19 November 2011 - 01:27:24 WIB
Buku Panduan Ujian SIM Diluncurkan Kategori: Nasional - Dibaca: 492 kali

JAKARTA, selaluonline.com- Tiga perwira menengah Polri, Komisaris Besar Royke Lumowa, Ajun Komisaris Besar Teddy Minahasa, dan Komisaris M Arsal Sahban, menulis buku berjudul Pengetahuan Lalu Lintas: Referensi Mengikuti Ujian SIM. Buku panduan yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama itu akan dilucurkan pada Senin (28/11) di Jakarta.

"Kami berharap buku ini dapat membantu masyarakat dalam memahami peraturan lalu lintas," kata Arsal, yang juga Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Jumat (18/11) sore.

Ketika menulis buku, Royke menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, sedangkan Teddy sebagai Kepala Bagian Registrasi dan Identifikasi Ditlantas Polda Metro Jaya. Saat ini Royke bertugas di Korps Lalu Lintas Mabes Polri dan Teddy menjadi Kepala Polres Malang Kota, Jawa Timur.

Royke mengungkapkan, buku tersebut ditulis berawal dari fakta bahwa banyak pemohon SIM tidak lulus ujian. Padahal, setiap pemohon SIM pemula harus lulus ujian.

Arsal menyebutkan, pemohon SIM baru setiap hari rata-rata sebanyak 1.500 orang. Dari jumlah tersebut, pemohon yang lulus hanya 50 persen. "Mereka yang lulus pun nilainya tidak prima, rata-rata 7. Jarang yang nilainya mencapai angka 10," ungkapnya.

Menurut Royke, hal itu bisa terjadi karena pemohon SIM pemula itu tiba-tiba saja dihadapkan pada sebuah ujian tanpa mendapat pembekalan atau pengetahuan kelalulintasan.

"Buku ini kami harapkan dapat dijadikan tuntunan untuk bisa dipelajari siapa saja yang akan mengikuti ujian memperoleh SIM agar mereka tidak dikagetkan dengan ujian itu," ujar Royke.

Lebih dari itu, buku itu dapat dibaca siswa atau guru sebagai bahan pengetahuan, serta dapat dibaca oleh mereka yang sudah memiliki SIM dan mahir mengemudi, untuk menyegarkan pengetahuan mereka berlalu lintas.

Buku tersebut antara lain berisi hal-hal yang harus diketahui para pengemudi kendaraan bermotor sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, marka dan rambu, teknik dasar mengemudi, etika berlalu lintas, tata cara berlalu lintas, dan materi ujian memperoleh SIM. (mas/kcm)




Berita Terkait:


0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Copyright © 2011 by selaluonline.com. All Rights Reserved.