Kamis, 28 Februari 2013 - 14:49:49 WIB
Pembuangan Limbah Berbahaya ke Sungai Masih Terjadi Kategori: Hukum & Kriminal - Dibaca: 188 kali

JAKARTA, selaluonline.com- Pencemaran sungai akibat pembuangan limbah sudah sangat mengkhawatirkan. Akibatnya, sekitar 30 aliran sungai besar yang ada di seluruh Indonesia sudah tercemar. Sekitar 50 persen limbah tersebut berasal dari rumah tangga, dan sisannya limbah dari industri. Padahal, sungai merupakan tulang punggung kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Ironisnya, tidak semua aliran sungai bersih dan layak digunakan. Ditambah lagi, pencemaran sungai akibat limbah rumah tangga dan industri kian tidak terkontrol.

Kementerian Lingkungan Hidup mengungkapkan 53,4 persen limbah rumah tangga dibuang ke sungai setiap hari. Sedangkan 46 persen limbah dibuang ke tempat penampungan. Limbah industri pun berkontribusi besar memperparah pencemaran.

Pencemaran udara pun tak jauh berbeda dengan air. Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya mengatakan pencemaran udara masih di bawah batas ketentuan. Namun, dia menganggap angka itu bukan hal enteng.

Dari evaluasi di 40 kota pada 2011 hingga 2012, hasil reduksi beban emisi kendaraan menghasilkan lebih 3.000 ton karbon setiap hari.

Lantaran itu, Kementerian Lingkungan Hidup mengadakan rapat kerja teknis pengendalian pencemaran lingkungan. Rapat itu diharapkan menghasilkan solusi meningkatkan kualitas lingkungan di Indonesia.(dita)






Berita Terkait:


0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Copyright © 2011 by selaluonline.com. All Rights Reserved.