Selasa, 12 Februari 2013 - 21:45:12 WIB
Terminal Multipurpose Teluk Lamong Beroperasi April 2014 Kategori: Bisnis - Dibaca: 239 kali

SURABAYA, selaluonline.com- PT Pelindo III (Persero) menyebutkan Terminal Multipurpose Teluk Lamong dipastikan akan dapat dioperasikan pada April 2014 mendatang. Kepastian itu dapat dilihat dari salah satu paket dari lima paket pekerjaan pembangunan terminal tersebut pembangunannya sudah mencapai 100 persen.

“Paket A yang merupakan pekerjaan pembangunan dermaga internasional saat ini posisinya telah 100 persen,” jelas Pemimpin Proyek Terminal Multipurpose Teluk Lamong, Harry Dharmawan, Selasa (12/2).

Herry menyebutkan, proses pembangunan Terminal Multipurpose Teluk Lamong terbagi dalam lima paket pekerjaan, meliputi Paket A yang merupakan pembangunan dermaga internasional dikerjakan oleh PT Adhi Karya. Paket B berupa pembangunan jembatan penghubung (causeway), lapangan penumpukan, dan lapangan parkir yang dikerjakan dengan system kerjasama operasi antara PT Pembangunan Perumahan dan PT Wijaya Karya.

Paket pekerjaan selanjutnya adalah Paket C yang merupakan pembangunan jembatan penghubung  dikerjakan oleh PT Nindya Karya, Paket D berupa pembangunan gedung perkantoran, dan Paket E berupa penyediaan alat bongkar muat.

“Untuk Paket B realisasi proyek per 31 Januari 2013 mencapai 11,52 persen, Paket C 49,24 persen, Paket D saat ini masih dalam tahap penjelasan detail proyek (aanwijzing), dan Paket E dalam proses penandatanganan kontrak oleh Kone Crane (perusahaan alat berat asal Finlandia) sebagai pemenang lelang,” tambahnya.

Terminal Multipurpose Teluk Lamong menurut rencana akan dioperasikan untuk penanganan kegiatan bongkar muat petikemas internasional dan curah kering.  Selain itu, untuk mendukung program Pendulum Nusantara yang melibatkan Pelindo I-IV, maka terminal ini juga akan melayani kegiatan petikemas domestik.

“Kami membangun dermaga tambahan yang kami sebut sebagai Paket A sebagai fasilitas untuk petikemas domestik, paket ini juga dikerjakan oleh PT Adhi Karya dan saat ini realisasi proyeknya sudah mencapai 37,12 persen,” jelas Harry.

Pada 2014 mendatang, fasilitas yang tersedia di Terminal Multipurpose Teluk Lamong berupa dermaga sepanjang 500 X 80 Meter, lapangan curah kering seluas 6 Ha, lapangan penumpukan petikemas 15 Ha, kantor dan lapangan parkir truk 7,2 Ha, 5 unit Container Crane (CC), 2 unit Ship Unloader, 2 unit Conveyor, 10 unit Automatic Stacking Crane (ASC), dan 30 unit Head Truck dan Chassis. (vike)





Berita Terkait:


0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Copyright © 2011 by selaluonline.com. All Rights Reserved.